0813 3082 4577
0813 3082 4577
+6281330824577

Penyebab Haid Tidak Teratur

Senin, September 25th 2017. | haid tidak teratur, telat haid, tips wanita

Pembahasan kali akan membantu pada wanita yang sedang butuh informasi tentang Penyebab Haid Tidak Teratur yang mana menjadi kekhawatiran tersendiri bagi wanita yang mengalaminya, dari itu kami akan membagikan beberapa penyebab susahnya datang bulan.

Baca Juga: Obat Telat Haid

Menstruasi yang tidak lancar maupun tidak teratur pada wanita banyak sekali penyebabnya. Misalnya saja seorang wanita yang mengalami kelelahan atau stres dapat mengalami menstruasi yang tidak teratur. Bagaimana dengan wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur dalam jangka panjang selama ini? Berikut ini adalah beberapa penyebab wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur :

  • Polycystic Ovaries (PCO) – Wanita yang mengalami kista pada rahim akan menyebabkan terganggunya kesuburan. Salah satu gejala yang dialami adalah wanita yang mengalami penyakit ini menstruasi yang jarang dan dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan pada kondisi yang berlangsung lama, penderita terkadang mengalami keluhan pendarahan dan solusinya dapat dengan operasi dan juga pengobatan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Kista – Kista atau tumor jinak yang biasanya menyerang wanita adalah kista ovarium. Pada wanita yang mengalami kista ovarium akan menyebabkan gangguan menstruasi, adapula yang mengeluhkan siklus menstruasi terlambat akibat adanya kista folikel. Ketika mengalami masalah dengan menstruasi yang ditandai dengan nyeri setiap menstruasi kemungkinan kista membesar, untuk lebih lanjut dapat diperiksakan pada ahlimedis.
  • Polip – Anda mengalami pendarahan yang lebih banyak ketika menstruasi? Salah satunya gejala dari polip adalah wanita mengalami jumlah darah menstruasi yang lebih banyak meskipun siklus menstruasi teratur. Selain itu wanita yang sudah menikah akan mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan suami istri, bisa dapat menjadi terjadinya polip. Konsultasikan dan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan wanita yang mengalami kondisi seperti gejala polip.
  • Kanker – Kanker rahim dapat diawali dengan siklus menstruasi yang jarang sedangkan pada wanita dengan kanker rahim stadium lanjut akan mengalami pendarahan yang menstruasi yang lebih banyak. Meskipun demikian untuk kanker serviks tidak hanya ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur melainkan harus didukung dengna serangkaian test, salah satu diantaranya adalah dengan melakukan test pap (pap smear).

Menstruasi yang Tidak Teratur Tidak Selamanya Kanker Rahim

Gangguan menstruasi banyak penyebabnya kelainan organik, keseimbangan hormon atau juga fungsi rahim yang tidak diketahui penyebabnya.Wanita yang mengalami ketidakteraturan menstruasi tidak selamanya dinyatakan kanker rahim. Meskipun penelitian yang dilakukan pada wanita yang berusia 50 tahun dengan riwayat menstruasi yang tidak teratur memicu kanker pada wanita. Keluhan awal penderita kanker rahim ditemukan pada usia menopause yang mengalami pendararahan.

Baca juga: Obat Telat Datang Bulan

Selain itu pada wanita yang belum memasuki usia menopause akan tetapi mengalami pendarahan di luar masa menstruasi dan mengalami menstruasi yang berlebihan harus diwaspadai. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan untuk pencegahan dini terjadinya kanker serviks. Kanker serviks memang tidak bisa dikenali hanya dengan terjadinya menstruasi yang tidak teratur, pemeriksaan kesehatan yang dapat mendukung untuk mendeteksi kanker serviks penting dilakukan. Baca juga: Cara Membuat Obat Pelancar Haid

Share

Artikel lain Penyebab Haid Tidak Teratur